Rabu, 12 Maret 2014

Kisi-Kisi PAI SMK

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TAHUN PELAJARAN 2013/2014

No
Setandar Kompetensi
Kemampuan yang diuji
Indikator
No. Soal
1
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang keikhlasan dalam beribadah
Membaca QS. Al    An’ām {6}:162-163 dan  QS. Al Bayyinah {98}: 5 yang menjelaskan tentang  keikhlasan dalam beribadah.
Disajikan kutipan ayat tentang keikhlasan dalam beribadah yang tidak lengkap, peserta didik dapat
1
melengkapi bacaan teks ayat tersebut. Disajikan kutipan ayat tentang keikhlasan dalam beribadah, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid
2
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang kompetisi dalam kebaikan
Menjelaskan  arti  QS.  Al  Bacará {2}: 148 dan QS. Al thir {35}:32            yang menjelaskan            tentang kompetisi dalam kebaikan
yang terdapat dalam ayat yang digarisbawahi. Disajikan kutipan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat menentukan arti atau makna penggalan ayat yang digarisbawahi
3
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperi terkandung dalam QS. Al Baqarah {2}: 148 dan QS. Al thir {35}: 32.
Ditampilkan wacana tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku berkompetisi  dalam  kebaikan  seperti  yang  terkandung 4 dalam QS. Al Baqarah {2}: 148 atau QS. Al thir {35}: 32.
4
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Menjelaskan arti QS Al Isrā {17} : 26-27 dan QS Al Baqarah {2} : 177 yang  menjelaskan tentang perintah menyantuni kaum dhuafa.
Disajikan kutipan ayat tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, peserta didik dapat peduli kepada kaum dhuaf
5
Memahami ayatayat Al Quran tentang abjuran bertoleransi.
Menjelaskan  arti  QS  Al  Kāfirūn {108}, QS Yūnus {10} : 40-41, dan QS Al Kahfi {18} : 29
Disajikan  kutipa aya tentan anjura bertoleransi, peserta didik dapat menentukan arti penggalan ayat yang digarisbawahi.
6
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti  terkandung  dalam  QS.  Al Kāfirūn  {108},  QS.  Yūnus  {10}: 40-41, dan QS. Al Kahfi {18}: 29
Ditampilkan wacana tentang toleransi, peserta didik dapat menentukan contoh toleransi seperti yang terkandung dalam QS. Al Kāfirūn {108}, QS. Yūnus {10}: 40-41, atau QS. Al Kahfi {18}: 29
7
Memahami ayat-ayat Al Qur’an Qurantentang etos kerja
Menjelaskan arti QS. Al Mujādalah  {58}:  11,  dan  QS.  Al Jumu’ah {62}: 9-10
Disajikan kutipan ayat tentang etos kerja, peserta didik dapat menentukan arti penggalan ayat yang digaris bawahi
8
Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam           QS. Al Mujādalah  {58}:  11,  dan  QS.  Al Jumu’ah {62}: 9-10
Ditampilkan  wacana  tentang  etos  kerja,  peserta  didik dapat menentukan contoh etos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al Mujādalah {58}: 11 atau QS. Al Jumu’ah {62}: 9-10.
9
Memahami ayatayat Al Quran tentang pengembangan Iptek
Melakukan       pengembangan               Iptek seperti terkandung dalam QS. Yūnus  {10}:  101  dan  QS. Al Baqarah {2}: 164.
Ditampilkan wacana tentang pengembangan Iptek, Peserta didik dapat menentukan contoh hasil pengembangan Iptek seperti yang terkandung dalam QS. Yūnus {10}: 101 atau QS.  Al Baqarah {2}: 164
10
2
Meningkatkan keimanan kepa- da  Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam  Asma  al husna
Menjelaskan  arti            10  sifat  Allah dalam Asmaul  al Husna
Disajikan pernyataan  tentang  sifat  Allah,  peserta  didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat AllaSWT dalam al Asma al Husna
11
Menampilkan perilaku yang men- cerminkan  keimanan  terhadap  10 sifat Allah dalam Asma al Husna
Ditampilkan contoh perilaku yang terjadi  dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi  contoh  perilaku  yang  sesuai  dengan keimanan terhadap  sifat A dalam Asma al Husna
12
Meningkatkan keimanan kepa- da Malaikat.
Menampilkan contoh - contoh peri- laku beriman kepada Malaikat.
Disajikan wacana tentang beriman Kepada malaikat. Peserta didik menampilkan contoh prilaku beriman kepada Malaikat.
13
Meningkatkan            keimanan kepada Rasul-rasul Allah
Menjelaskan  tanda-tanda  beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
Ditampilkan wacana sifat Rasul Allah SWT, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh beriman kepada Rasul –14 rasul Allah SWT
14
Menampilkan perilaku yang men- cerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta   didi dapat mengidentifikasi   sikap   beriman kepada Rasul-rasul Allah
15
Meningkatkan keimanan kepa- da Kitab-kitab Allah
Menampilkan perilaku yang men- cerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
Disajikan wacana tentang iman kepada kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menunjukkan perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
16
Menerapkan  hikmah  beriman  ke- pada Kitab-kitab Allah
Disajikan narasi tentang fungsi kitab Allah, peserta didik dapat menentukan  hikmah  beriman  kepada  kitab-kitab Allah SWT
17
Meningkatkan keimanan kepa- da hari akhir
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Disajikan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada hari akhir
18
Meningkatkan keimanan kepada qadhadan qadar
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadhadan qadar
Disajikan wacana tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menentukan sikap menerima qadar Allah SWT
19
Menerapkan hikmah beriman kepada qadhadan qadar
Disajikan sebuah kasus, peserta didik dapat memberikan penilaian terhadap sikap seseorang dalam menghadapi ujian kehidupan
20
3
Membiasakan perilaku terpuji
Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan husnudzon
Disajikan narasi tentang husnudzon, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan husnudzon
21
Menganalisis contoh perilaku husnudzon terhadap Allah SWT
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnudzon terhadap Allah SWT
22
Menunjukkan      hal-hal   yang berkaitan dengan taubat dan raja
Di tampilkan ilustrasi tentang prilaku perbuatan dosa, Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat dan roja”
23
Disajikan pernyataan-pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat atau raja
24
Menunjukkan      hal-hal   yang berkaitan  dengan israf,  tabdzir, ghibah, dan fitnah
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan hal yang berkaitan dengan israf, tabdzir, ghibah, fitnah
25
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat   mengidentifikasi  hal-ha yang  berkaitan dengan israf, tabdzir, ghibah, atau fitnah
26
Disajikan           narasi    tentang perilaku            tercela   dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menunjukkan manfaat menghindari israf, tabdzir, ghibah, atau fitnah
27
Disajikan pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan contoh hal-hal yang berkaitan dengan israf, tabdzir, ghibah, atau fitnah
28
Disajikan perilaku tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku israf,  tabdzir,  ghibah,  atau fitnah.
29
Membiasakan perilaku terpuji
Menjelaskan pengertian amal sholeh, ridho dan adil
Disajikan  pernyataan  tentang  perilaku  terpuji,  peserta didik dapat menentukan pengertian amal sholeh, ridho, atau adil
30
4
Memahami            sumber  hukum Islam,   hukum   taklifi,            dan hikmah ibadah
Menentukan pengertian, kedudukan da fungsi  Al-Qur’an,  Al-Hadits, Ijtihad   sebagai sumber  hukum Islam dan hukum taklifi
Disajikan  tabel  tentang  sumber-sumber  hukum  Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian salah satu sumber hukum Islam
31
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan fungsi Al-Quran, Al Hadits, atau ijtihad sebagai sumber hukumIslam
32
Memahami hukum Islam tentang Infak, Zakat, Haji dan Wakaf
Menjelaskan ketentuan syari’at Islam tentang Infak, Zakat, Haji dan Wakaf
Disajikan deskripsi peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  ketentuan infak, zakat, atau wakaf peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  ketentuan infak, zakat, atau wakaf
33
Memahami hokum Islam tentang muamalah
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan  bentuk  jual  beli  sesuai  asas-asas  transaksi ekonomi dalam Islam
34
Disajikan ilustrasi  tentang  syirkah,  peserta  didik  dapat menyimpulkan salah satu macam syirkah
35
Memahami  ketentuan  hukum Islam tentang pengurusan jenazah

Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
Disajikan  ilustrasi   tentang   penyelenggaraa jenazah, peserta didik dapat mengurutkan tata cara penyelenggaraan jenazah
36
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
Menjelaskan ketentuan hukum Islam   tentan nikah,   talaq,   dan ruju
Disajikan  deskripsi  tentang  pernikahan,  peserta  didik
dapat menunjukkan syarat atau rukun nikah
37
Disajikan  deskripsi  tentang  permasalahan  pernikahan,
peserta  didik  dapat  menentukan  mahram,  talaq,  iddah, atau ruju
38
Menjelaskan  ketentuan-keten- tuan hukum waris
Menjelaskan ketentuan-ketentuan tentang ahli waris
Disajikan narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris
39
Menghitung bagian masing-masing ahli waris
Disajikan ilustrasi  tentang  contoh  pembagian  warisan, peserta  didik  dapat  menghitung  bagian  masing-masing ahli waris
40
5
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Mekah

Disajikan  sejarah  dakwah  Rasulullah  periode  Mekah, peserta  didik  dapat  menyimpulkan  substansi  dakwah Rasulullah SAW di Mekah
41
Disajikan  dakwa Rasulullah   SAW, pesert didik mampu menentukan strategi dakwah Rasul pada periode Mekah
42
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
Mendeskripsikan substansi dakwah
Rasulullah periode Madinah
Disajikan sejarah dakwah Rasulullah SAW. Peserta didik dapat menentukan substansi dakwah Rasulullah periode Mekah
43
Memahami perkembangan
Islam  pada abad  pertengahan
Memaparkan sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Dideskripsikan sejarah perkembangan Islam abad pertengahan, peserta didik mampu menyebutkan tokoh sejarah Islam abad pertengahan.
44
Disajikan sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan, peserta  didik  dapat  menganalisis  faktor- faktor yang menyebabkan kemunduran dunia Islam.
45
Memahami perkembangan
Islam pada masa modern
Menunjukkan contoh
perkembangan Islam pada masa modern.
Disajikan narasi perkembangan Islam masa modern, peserta didik mampu menunjukkan contoh perkembangan Islam masa modern.
46
Memahami perkembangan
Islam di Indonesia
Menyajikan sejarah perkembangan
Islam di Indonesia
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik mampu menentukan faktor-faktor perkembangan Islam di Indonesia.
47
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik mampu menggambarkan perkembangan Islam dalam bidang pendidikan atau seni budaya.
48
Memahami perkembangan
Islam di dunia
Mendeskripsikan perkembangan
Islam di dunia.
Dideskripsikan perkembangan Islam di dunia, peserta didik mampu mengkategorikan faktor-faktor perkembangan Islam di dunia.
49


Disajikan wacana perkembangan Islam, peserta didik
mampu menyimpulkan hikmah perkembangan Islam di dunia.
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar