KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM TINGKAT
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK) TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
No
|
Setandar Kompetensi
|
Kemampuan yang diuji
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
Memahami ayat-ayat
Al Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah
|
Membaca
QS. Al An’ām {6}:162-163 dan
QS. Al Bayyinah {98}:
5 yang menjelaskan
tentang keikhlasan
dalam beribadah.
|
Disajikan kutipan
ayat tentang keikhlasan
dalam beribadah yang tidak
lengkap, peserta didik dapat
|
1
|
melengkapi bacaan teks ayat
tersebut. Disajikan kutipan ayat
tentang keikhlasan
dalam beribadah, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid
|
2
|
|||
Memahami ayat-ayat
Al Qur’an tentang kompetisi
dalam kebaikan
|
Menjelaskan arti
QS. Al Bacará
{2}: 148 dan QS. Al Fāthir {35}:32 yang menjelaskan tentang kompetisi dalam kebaikan
|
yang terdapat
dalam ayat yang digarisbawahi. Disajikan kutipan ayat
tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik
dapat menentukan arti
atau makna penggalan ayat yang digarisbawahi
|
3
|
|
Menampilkan perilaku
berkompetisi dalam kebaikan seperi
terkandung dalam QS. Al Baqarah {2}:
148 dan QS. Al Fāthir {35}: 32.
|
Ditampilkan wacana tentang kompetisi dalam kebaikan,
peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku berkompetisi dalam
kebaikan
seperti
yang terkandung 4 dalam QS. Al Baqarah {2}: 148 atau QS. Al Fāthir {35}: 32.
|
4
|
||
Memahami ayat-ayat
Al Qur’an tentang perintah
menyantuni
kaum dhuafa
|
Menjelaskan arti QS Al Isrā’ {17} : 26-27 dan QS Al Baqarah {2} : 177 yang
menjelaskan tentang perintah menyantuni kaum
dhuafa.
|
Disajikan kutipan
ayat tentang perintah
menyantuni
kaum dhuafa, peserta didik
dapat peduli
kepada kaum
dhuaf
|
5
|
|
Memahami
ayat–ayat
Al Qur’an tentang abjuran
bertoleransi.
|
Menjelaskan
arti QS Al Kāfirūn {108}, QS Yūnus {10} : 40-41, dan QS Al
Kahfi {18} : 29
|
Disajikan kutipan
ayat tentang anjuran bertoleransi, peserta didik dapat menentukan arti penggalan ayat yang digarisbawahi.
|
6
|
|
Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS.
Al
Kāfirūn {108}, QS. Yūnus {10}: 40-41, dan
QS. Al Kahfi {18}: 29
|
Ditampilkan wacana tentang toleransi, peserta didik
dapat menentukan contoh toleransi seperti yang terkandung
dalam QS. Al Kāfirūn {108},
QS. Yūnus {10}: 40-41, atau
QS. Al Kahfi {18}: 29
|
7
|
||
Memahami ayat-ayat
Al Qur’an Qur’antentang etos
kerja
|
Menjelaskan arti QS. Al Mujādalah {58}: 11, dan QS.
Al
Jumu’ah {62}: 9-10
|
Disajikan kutipan
ayat tentang etos kerja, peserta didik
dapat menentukan arti
penggalan
ayat yang digaris bawahi
|
8
|
|
Membiasakan beretos kerja seperti
terkandung dalam QS.
Al Mujādalah {58}: 11, dan QS.
Al
Jumu’ah {62}: 9-10
|
Ditampilkan wacana tentang
etos kerja, peserta didik
dapat menentukan
contoh
etos kerja seperti
yang terkandung dalam QS. Al Mujādalah
{58}: 11 atau QS.
Al Jumu’ah {62}: 9-10.
|
9
|
||
Memahami ayat–ayat Al Qur’an tentang pengembangan
Iptek
|
Melakukan pengembangan Iptek seperti terkandung
dalam
QS. Yūnus {10}: 101
dan QS.
Al Baqarah {2}: 164.
|
Ditampilkan
wacana tentang pengembangan Iptek,
Peserta didik dapat
menentukan contoh hasil pengembangan Iptek
seperti yang terkandung dalam QS. Yūnus
{10}: 101 atau QS.
Al Baqarah
{2}: 164
|
10
|
|
2
|
Meningkatkan keimanan kepa- da Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam
Asma al husna
|
Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul al
Husna
|
Disajikan pernyataan
tentang
sifat Allah,
peserta
didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat AllaSWT
dalam al Asma al Husna
|
11
|
Menampilkan perilaku yang
men- cerminkan keimanan terhadap
10
sifat Allah dalam Asma al Husna
|
Ditampilkan contoh
perilaku yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
perilaku
yang sesuai
dengan
keimanan terhadap
sifat A dalam Asma al Husna
|
12
|
||
Meningkatkan keimanan kepa- da
Malaikat.
|
Menampilkan contoh
- contoh peri-
laku beriman kepada Malaikat.
|
Disajikan wacana tentang beriman Kepada malaikat.
Peserta didik menampilkan contoh prilaku beriman kepada Malaikat.
|
13
|
|
Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul
Allah
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman
kepada Rasul-rasul
Allah SWT
|
Ditampilkan wacana sifat Rasul Allah SWT, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
beriman kepada Rasul –14 rasul
Allah SWT
|
14
|
|
Menampilkan perilaku yang
men- cerminkan keimanan kepada
Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan contoh
kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta
didik dapat mengidentifikasi
sikap
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
15
|
||
Meningkatkan keimanan kepa- da
Kitab-kitab
Allah
|
Menampilkan perilaku yang
men- cerminkan keimanan
terhadap Kitab-kitab Allah
|
Disajikan wacana tentang iman kepada kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menunjukkan perilaku
beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
16
|
|
Menerapkan hikmah beriman
ke- pada Kitab-kitab
Allah
|
Disajikan narasi tentang fungsi kitab Allah, peserta didik dapat menentukan
hikmah
beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
17
|
||
Meningkatkan keimanan kepa- da
hari akhir
|
Menerapkan hikmah beriman
kepada Hari
Akhir
|
Disajikan narasi tentang hari akhir,
peserta didik dapat menentukan
hikmah beriman kepada hari
akhir
|
18
|
|
Meningkatkan keimanan kepada qadha’
dan
qadar
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
|
Disajikan wacana tentang kehidupan manusia,
peserta didik dapat
menentukan sikap menerima
qadar Allah
SWT
|
19
|
|
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
|
Disajikan sebuah
kasus, peserta
didik dapat memberikan
penilaian terhadap
sikap seseorang dalam
menghadapi
ujian
kehidupan
|
20
|
||
3
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
Menjelaskan
hal-hal yang berkaitan dengan husnudzon
|
Disajikan narasi tentang husnudzon, peserta
didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan
husnudzon
|
21
|
Menganalisis contoh perilaku husnudzon terhadap
Allah SWT
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta
didik dapat mengenali contoh
perilaku
husnudzon terhadap
Allah SWT
|
22
|
||
Menunjukkan hal-hal yang
berkaitan dengan
taubat dan raja’
|
Di tampilkan ilustrasi tentang prilaku perbuatan dosa,
Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat dan
roja”
|
23
|
||
Disajikan pernyataan-pernyataan tentang perilaku
terpuji, peserta
didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat atau
raja’
|
24
|
|||
Menunjukkan hal-hal yang
berkaitan dengan israf, tabdzir,
ghibah, dan fitnah
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik
dapat menunjukkan hal yang berkaitan dengan israf,
tabdzir, ghibah, fitnah
|
25
|
||
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku tercela, peserta
didik dapat mengidentifikasi hal-hal
yang
berkaitan
dengan israf, tabdzir, ghibah,
atau fitnah
|
26
|
|||
Disajikan narasi tentang perilaku tercela dalam kehidupan sehari hari,
peserta didik dapat menunjukkan
manfaat menghindari israf,
tabdzir, ghibah, atau
fitnah
|
27
|
|||
Disajikan pernyataan perilaku tercela,
peserta didik dapat
menunjukkan contoh hal-hal yang berkaitan dengan israf, tabdzir, ghibah, atau fitnah
|
28
|
|||
Disajikan perilaku tercela,
peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku israf,
tabdzir, ghibah, atau
fitnah.
|
29
|
|||
Membiasakan perilaku terpuji
|
Menjelaskan pengertian
amal sholeh, ridho dan adil
|
Disajikan
pernyataan tentang
perilaku
terpuji,
peserta
didik dapat menentukan pengertian
amal sholeh, ridho,
atau adil
|
30
|
|
4
|
Memahami sumber hukum
Islam, hukum taklifi, dan
hikmah ibadah
|
Menentukan pengertian, kedudukan
dan fungsi
Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
dan
hukum taklifi
|
Disajikan tabel
tentang
sumber-sumber
hukum Islam,
peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian salah satu
sumber hukum Islam
|
31
|
Disajikan ilustrasi
permasalahan fiqh
yang berkembang di masyarakat, peserta didik
dapat menyimpulkan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, atau ijtihad sebagai sumber hukumIslam
|
32
|
|||
Memahami hukum Islam tentang Infak, Zakat, Haji dan
Wakaf
|
Menjelaskan ketentuan syari’at Islam tentang Infak,
Zakat, Haji dan Wakaf
|
Disajikan deskripsi peserta didik
dapat mengidentifikasi ketentuan
infak, zakat, atau wakaf
peserta didik
dapat mengidentifikasi ketentuan
infak, zakat, atau wakaf
|
33
|
|
Memahami hokum Islam tentang muamalah
|
Menjelaskan asas-asas
transaksi ekonomi dalam Islam
|
Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan
bentuk jual beli sesuai asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
|
34
|
|
Disajikan ilustrasi tentang
syirkah,
peserta
didik dapat menyimpulkan salah satu macam syirkah
|
35
|
|||
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan
jenazah
|
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah
|
Disajikan ilustrasi
tentang
penyelenggaraan jenazah,
peserta didik dapat
mengurutkan tata cara penyelenggaraan
jenazah
|
36
|
|
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
|
Menjelaskan ketentuan
hukum Islam tentang nikah, talaq, dan
ruju’
|
Disajikan deskripsi tentang pernikahan, peserta didik
dapat
menunjukkan
syarat atau rukun nikah
|
37
|
|
Disajikan deskripsi
tentang permasalahan
pernikahan,
peserta didik
dapat
menentukan mahram, talaq, iddah, atau ruju’
|
38
|
|||
Menjelaskan ketentuan-keten-
tuan hukum waris
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan
tentang ahli waris
|
Disajikan narasi tentang ahli waris,
peserta didik dapat
menentukan bagian ahli waris
|
39
|
|
Menghitung bagian masing-masing ahli waris
|
Disajikan ilustrasi
tentang contoh
pembagian
warisan,
peserta didik
dapat
menghitung bagian masing-masing ahli waris
|
40
|
||
5
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam
membina umat periode Makkah
|
Mendeskripsikan substansi
dan strategi dakwah Rasulullah periode
Mekah
|
Disajikan
sejarah dakwah
Rasulullah
periode
Mekah, peserta didik dapat
menyimpulkan substansi dakwah Rasulullah
SAW di Mekah
|
41
|
Disajikan
dakwah
Rasulullah SAW, peserta didik mampu menentukan
strategi dakwah Rasul pada periode Mekah
|
42
|
|||
Memahami keteladanan Rasulullah dalam
membina umat periode Madinah
|
Mendeskripsikan substansi
dakwah
Rasulullah periode Madinah
|
Disajikan sejarah dakwah Rasulullah SAW. Peserta didik
dapat menentukan substansi dakwah Rasulullah periode Mekah
|
43
|
|
Memahami perkembangan
Islam pada
abad pertengahan
|
Memaparkan sejarah
perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
Dideskripsikan sejarah
perkembangan Islam abad pertengahan, peserta didik mampu
menyebutkan tokoh sejarah Islam
abad pertengahan.
|
44
|
|
Disajikan sejarah perkembangan
Islam pada abad
pertengahan,
peserta didik
dapat
menganalisis faktor- faktor yang menyebabkan kemunduran dunia Islam.
|
45
|
|||
Memahami perkembangan
Islam pada masa
modern
|
Menunjukkan
contoh
perkembangan Islam pada masa
modern.
|
Disajikan narasi
perkembangan Islam
masa modern,
peserta didik mampu menunjukkan contoh perkembangan Islam
masa modern.
|
46
|
|
Memahami perkembangan
Islam di Indonesia
|
Menyajikan sejarah
perkembangan
Islam di Indonesia
|
Disajikan sejarah
perkembangan Islam di Indonesia, peserta
didik mampu menentukan
faktor-faktor perkembangan Islam
di Indonesia.
|
47
|
|
Disajikan sejarah
perkembangan Islam di Indonesia, peserta
didik mampu menggambarkan perkembangan Islam
dalam
bidang pendidikan atau seni
budaya.
|
48
|
|||
Memahami perkembangan
Islam di dunia
|
Mendeskripsikan perkembangan
Islam di dunia.
|
Dideskripsikan perkembangan Islam di dunia, peserta didik mampu mengkategorikan faktor-faktor perkembangan Islam di dunia.
|
49
|
|
|
|
Disajikan wacana perkembangan Islam, peserta didik
mampu menyimpulkan hikmah
perkembangan Islam di dunia.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar