KISI-KISI US-UN
MATEMATIKA SMK TEKNOLOGI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Melakukan operasi
bilangan real dan menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
operasi bilangan real.
|
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
|
||
2
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
|
3
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear.
|
Menentukan fungsi
linear dan/atau grafiknya.
|
Menentukan fungsi
kuadrat dan/atau
grafiknya.
|
||
Menentukan model
matematika dari masalah program linear.
|
||
Menentukan daerah himpunan
penyelesaian dari masalah program linear.
|
||
Menentukan nilai optimum dari sistem
pertidaksamaan linear.
|
||
4
|
Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.
|
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
|
Menentukan hasil
operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
|
||
5
|
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
|
Menentukan invers,
konvers, atau kontraposisi.
|
||
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
6
|
Menentukan unsur-unsur bangun
datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan
kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Mengidentifikasi bangun
datar, bangun ruang,
dan unsur-unsurnya.
|
Menghitung keliling dan luas bangun
datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
7
|
Menerapkan konsep
perbandingan trigonometri dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
|
||
8
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
|
Mengidentifikasi pola, barisan,
atau deret bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
|
||
9
|
Menerapkan konsep peluang dalam
pemecahan masalah
|
Menentukan permutasi atau kombinasi.
|
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
|
||
10
|
Menerapkan konsep
dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
|
Menghitung ukuran pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran penyebaran data.
|
||
11
|
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan limit fungsi
aljabar atau fungsi geometri.
|
Menentukan turunan
fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
|
||
12
|
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.
|
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi
aljabar atau trigonometri.
|
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
|
||
Menentukan volume benda putar.
|
||
13
|
Menerapkan konsep
irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
|
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
lingkaran atau parabola.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar