Rabu, 12 Maret 2014

Kisi2 US B.Sunda

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH SMK KABUPATEN BANDUNG 2013-2014
MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA PAKET A
KELAS X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
NO SOAL
KETERANGAN
10.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

10.1.1 Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda melalui pemahaman dan penerapan isi pidato/biantara dengan bahasa yang benar dan santun
11, 20, 21, 24, 25.

10.1.2 Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda melalui kegiatan mengapresiasi dan mengekspresikan puisi modern
36, 37, 38.

10.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

10.2.1 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Sunda melalui kegiatan memahami dan menceritakan pengalaman
28, 29.

10.2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Sunda untuk memahami dan mengapresiasi dongeng
14, 15, 16, 17, 32.

10.2.3 Menunjukan prilaku tanggung jawab dan responsif dalam memahami dan membicarakan aspek-aspek budaya Sunda secara lisan (paguneman) dengan bahasa yang benar dan santun
4, 5, 33, 34, 35.

10.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
10.3.1 Memahami dan mengungkapkan riwayat hidup tokoh Sunda baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang benar dan santun
19.

10.3.2 Memahami, menerapkan, menganalisis nilai-nilai budaya Sunda melalui membaca dan menulis wacana beraksara Sunda dengan
 baik dan benar

41, 42, 43, 44, 45 ,46, 47, 48, 49, 50.

10.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
10.4.1 Mengolah, menalar, mengkaji dan mengalih bahasakan wacana berbahasa Indonesia atau asing ke dalam bahasa Sunda dengan bahasa yang baik dan benar

39, 40, 42.

KELAS XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
11.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda sebagai sarana untuk memahami rumpaka tembang dan kawih
31.

11.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

11.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan kreatif dalam menggunakan bahasa Sunda melalui kegiatan pemahaman dan penyampaian wawaran baik secara lisan dan tulisan
18.

11.2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Sunda untuk mengapresiasi dan mengekspresikan beragam konteks kehidupan melalui kegiatan bermain drama dan menyimak cerita wayang

7, 8, 9, 10.

11.3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
11.3.1 Memahami dan mengkaji nilai-nilai tradisi Sunda melalui wacana.


11.3.2 Memahami, mengkaji dan menilai struktur novel baik melalui lisan maupun tulisan
6.

11.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
11.4.1 Menginterpretasi makna teks dan menyajikannya secara ringkas baik lisan maupun tulisan


11.4.2 Menginterpretasi dan menulis carita pondok dan fiksimini dengan kaidah bahasa yang baik dan benar
12.

KELAS XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
12.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

12.2.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kehidupan melalui teks cerita buhun (carita pantun atau wawacan)
13.

12.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
12.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, jujur dan disiplin dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam ungkapan tradisional

22, 23, 26, 27.

12.3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
12.3.1 Memahami, menganalisis dan menerapkan unsur-unsur esensial dalam artikel secara kritis dan kreatif

1, 2, 3.

12.4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
12.4.1 Mengapresiasi dan mengekspresikan gagasan, citraan, dan perasaan dalam bentuk puisi buhun (sisindiran dan guguritan)

30.

1 komentar: