KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH SMK KABUPATEN BANDUNG 2013-2014
MATA
PELAJARAN BAHASA SUNDA PAKET A
KELAS
X
|
||||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
NO SOAL
|
KETERANGAN
|
|
10.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
10.1.1 Mensyukuri
anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda melalui pemahaman dan penerapan
isi pidato/biantara dengan bahasa yang benar dan santun
|
11, 20,
21, 24, 25.
|
|
|
10.1.2 Mensyukuri
anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda melalui kegiatan mengapresiasi dan
mengekspresikan puisi modern
|
36, 37,
38.
|
|
||
10.2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
10.2.1 Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Sunda melalui kegiatan memahami dan menceritakan pengalaman
|
28, 29.
|
|
|
10.2.2 Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Sunda untuk memahami dan mengapresiasi dongeng
|
14, 15,
16, 17, 32.
|
|
||
10.2.3 Menunjukan
prilaku tanggung jawab dan responsif dalam memahami dan membicarakan
aspek-aspek budaya Sunda secara lisan (paguneman) dengan bahasa yang benar
dan santun
|
4, 5,
33, 34, 35.
|
|
||
10.3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
10.3.1 Memahami
dan mengungkapkan riwayat hidup tokoh Sunda baik secara lisan maupun tulisan
dengan menggunakan bahasa yang benar dan santun
|
19.
|
|
|
10.3.2 Memahami,
menerapkan, menganalisis nilai-nilai budaya Sunda melalui membaca dan menulis
wacana beraksara Sunda dengan
baik dan benar
|
41, 42,
43, 44, 45 ,46, 47, 48, 49, 50.
|
|
||
10.4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
10.4.1 Mengolah,
menalar, mengkaji dan mengalih bahasakan wacana berbahasa Indonesia atau
asing ke dalam bahasa Sunda dengan bahasa yang baik dan benar
|
39, 40,
42.
|
|
|
KELAS XI
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
11.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
11.1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda sebagai sarana untuk memahami
rumpaka tembang dan kawih
|
31.
|
|
11.2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
11.2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan kreatif dalam menggunakan bahasa Sunda
melalui kegiatan pemahaman dan penyampaian wawaran baik secara lisan dan
tulisan
|
18.
|
|
11.2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Sunda
untuk mengapresiasi dan mengekspresikan beragam konteks kehidupan melalui
kegiatan bermain drama dan menyimak cerita wayang
|
7, 8, 9,
10.
|
|
|
11.3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
11.3.1 Memahami
dan mengkaji nilai-nilai tradisi Sunda melalui wacana.
|
|
|
11.3.2 Memahami,
mengkaji dan menilai struktur novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
6.
|
|
|
11.4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
11.4.1 Menginterpretasi
makna teks dan menyajikannya secara ringkas baik lisan maupun tulisan
|
|
|
11.4.2
Menginterpretasi dan menulis carita pondok dan fiksimini dengan kaidah bahasa
yang baik dan benar
|
12.
|
|
KELAS XII
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
12.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
12.2.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kehidupan melalui teks
cerita buhun (carita pantun atau wawacan)
|
13.
|
|
12.2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
12.2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, jujur dan disiplin dalam memahami dan mengamalkan
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam ungkapan tradisional
|
22, 23,
26, 27.
|
|
12.3 Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
12.3.1 Memahami,
menganalisis dan menerapkan unsur-unsur esensial dalam artikel secara kritis
dan kreatif
|
1, 2, 3.
|
|
12.4 Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
12.4.1
Mengapresiasi dan mengekspresikan gagasan, citraan, dan perasaan dalam bentuk
puisi buhun (sisindiran dan guguritan)
|
30.
|
|
kenging nyuhunkeun soal soal basa sunda kelas XII pa?
BalasHapus