KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
MGMP IPS
SMK
Jenis sekolah : SMK Jumlah soal : 50 butir
Mata pelajaran : IPS Bentuk
soal/tes : Pilihan Ganda
Kurikulum : KTSP Alokasi
waktu : 90 menit
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Kls/
Smt
|
Materi
pokok
|
Indikator soal
|
Nomor
soal
|
|
1.
|
Mengidentifikasi interaksi sosial sebagai proses sosial
|
XI/3
|
· Pengertian interaksi sosial
· Jenis-jenis interaksi sosial
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial
|
1
|
|
Siswa dapat memberikan contoh interaksi non verbal
|
2
|
|||||
Siswa dapat memberikan contoh interaksi antara individu dengan kelompok
|
3
|
|||||
Mengidentifikasi sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
XI/3
|
· Sosialisasi dan proses pembentukan kepribadian
· Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian
|
Siswa dapat memberikan contoh proses sosial yang Asosiatif
|
4
|
||
Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab konflik
|
5
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian
|
6
|
|||||
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
XI/3
|
· Interksi primer dan sekunder
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian interaksi sekunder
|
7
|
||
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian peran sosial
|
8
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor yang menentukan tinggi
rendahnya status sosial seseorang
|
9/10
|
|||||
Siswa dapat siswa dapat memberikan contoh media sosialisasi primer
|
11
|
|||||
Siswa dapat mengidentifikasi media sosialisasi
|
12
|
|||||
|
|
|
||||
Siswa dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi
|
13
|
|||||
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta
pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
|
XI/3
|
Menganalisis latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia timur
|
Siswa dapat menjelaskan terjadinya perang salib
|
14
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu penyebab terjadinya perang salib
|
15
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor yang mendorong bangsa Eropa ke
dunia timur
|
16
|
|||||
|
Siswa dapat menyebutkan tahun kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia
|
17
|
||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktr khusus yang
menyebabkan terjadinya perang diponegoro
|
18
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan tujuan dibentuknya VOC
|
19
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu usaha yang dilakukan Daendels dalam
mengisi kekosongan kas negara
|
20
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan tahun kedatangan bangsa spanyol dan
portugis
|
21
|
|||||
Siswa dapat mendeskripsikan kedatangan bangsa Belanda ke indonesia
|
22
|
|||||
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
|
XI/4
|
·
Kebutuhan manusia
·
Pengertian kebutuhan
·
Macam-macam kebutuhan
·
Faktor-faktor yang
mempengaruhi kebutuhan
|
Siswa dapat mendeskripsikan penyebab munculnya ilmu ekonomi
|
23
|
||
Siswa dapat menjelaskan “manusia sebagai mahluk sosial”
|
24
|
|||||
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
|
25
|
|||||
4.
|
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia
yang tidak terbatas
|
XI/4
|
·
Jenis-jenis dan
kegunaan benda pem uas kebutuhan manusia
·
Pengertian kelangkaan
·
Faktor-faktor penyebab
kelangkaan
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor penyebab kelangkaan
|
26
|
|
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan
untuk siapa barang dan jasa diproduksi
|
XI/4
|
·
Sistem ekonomi
·
Pengertian sistem
ekonomi
·
Macam-macam sistem
ekonomi
·
Kebaikan dan kelemahan
sistem ekonomi
|
Siswa dapat menjelaskan sistem ekonomi liberal
|
27
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri positif demokrasi ekonomi
|
28
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan beberapa kebijakan sistem ekonomi sosialis
|
29
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan beberapa kegiatan ekonomi
|
30
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan peran rumah tangga konsumen
|
31
|
|||||
|
Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
|
XI/4
|
·
Prinsip dan motif
ekonomi
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tindakan ekonomi
|
32
|
|
Siswa dapat mendeskripsikan prinsip ekonomi
|
33
|
|||||
|
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
XI/4
|
·
Permintaan dan
penawaran
·
Pengertian permintaan
·
Faktor yang
mempengaruhi permintaan
·
Pengertian penawaran
·
Faktor yang
mempengaruhi penawaran
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian permintaan
|
34
|
|
Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
|
35
|
|||||
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian penawaran
|
36
|
|||||
|
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
XII/5
|
·
Pengertian dan ciri
struktur sosial
·
Fungsi dan
bentuk-bentuk struktur sosial
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian struktur sosial
|
37
|
|
|
|
|
·
|
Siswa dapat memberikan contoh Ascribed status
|
38
|
|
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
XII/5
|
·
Pengertian konflik
sosial
·
Faktor-faktor penyebab
konflik sosial
·
Bentuk pengendalian
konflik sosial
·
Dampak konflik sosial
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian konflik
|
39
|
|
Siswa dapat memberikan contoh konflik
|
40
|
|||||
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
XII/5
|
·
Pengertian kelompok
sosial
·
Pengertian masyarakat
multikultural
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelompok sosial
|
41
|
|
|
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
XII/5
|
·
Faktor penyebab
timbulnya masyarakat multikultural
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor penyebab timbulnya masyarakat
multikultural di Indonesia
|
42
|
|
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
XII/5
|
·
Solidaritas mekanik dan
solidaritas organik
·
Gemeinschaft dan
gesselschaft
·
Kelompok primer dan
kelompok sekunder
·
In-Group dan Out-Group
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian Gemeinschaft
|
43
|
|
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan
hubungan antar budaya
|
XII/6
|
·
Pengertian budaya dan
budaya lokal
·
Unsur-unsur budaya
·
Macam-macam budaya
lokal di Indonesia
·
Dampak masuknya budaya
asing
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian budaya nasional
|
44
|
|
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur budaya
|
45
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu budaya lokal di Indonesia
|
46
|
|||||
Siswa dapat menyebutkan salah satu dampak masuknya budaya asing
|
47
|
|||||
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya
keberagaman budaya
|
XII/6
|
·
Masalah-masalah yang
muncul akibat keberagaman budaya
·
Manfaat keberagaman
budaya
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang
muncul akibat keberagaman budaya
|
49
|
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu manfaat keberagaman budaya di
Indonesia
|
50
|
Makasih contoh Kisi kisinya Pak, kalo boleh minta juga contoh soal US nya, Makasih Pak....
BalasHapusterimaksih pak..., saya ijin copy ya pak..,ini sangat bermanfaat...
BalasHapusnice
BalasHapus